Rabu, 23 Januari 2008

WAPRES DOAKAN KESELAMATAN BANGSA DI AL-MUTAZAM MEKKAH

Wakil Presiden Jusuf Kalla setiba di Mekkah, Rabu dinihari, langsung menunaikan ibadah umrah dan mendoakan keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia agar terhindar dari segala bencana dan kesulitan.

Doa dipanjatkan Kalla bersama rombongan di Al-Muatazam, yaitu sebuah lokasi antara Hajar Aswad dan pintu Kabah yang berada di kawasan Masjidil Haram, Mekkah.

Tempat ini diyakini sangat mustajab untuk memanjatkan doa. Rasulullah dan para sahabatnya biasa mendekatkan diri mereka ke Al Mutazam. Sampai sekarang para jemaah haji dan umrah berdoa apa saja di tempat itu untuk menyampaikan keinginan masing-masing.
Di tempat paling mustajab itu, Kalla menengadahkan tangan dan berdoa untuk bangsa Indonesia. "Supaya kita bisa lepas dari masalah-masalah pokok bangsa," katanya.

Hampir setiap tahun Kalla menyempatkan diri di sela-sela kesibukannya untuk melaksanakan ibadah umrah. Perjalanan panjang belasan jam dari Tanah Air tidak menyurutkannya untuk langsung melakukan tawaf, mencium Hajar Aswad, shalat sunah di Hijr Ismail, dan berdoa di Al-Mutazam.

Sepulang para jemaah haji dari segala penjuru dunia karena musim haji sudah berakhir, suasana Masjidil Haram tampak lebih sepi, sehingga ibadah umrah rombongan Wapres berjalan lancar. Setiap anggota rombongan berkesempatan mencium Hajar Aswad dengan leluasa, padahal pada musim haji itu tidak mudah dilakukan.

Petugas pemerintah Arab Saudi juga memperkenankan Kalla melakukan shalat sunah di Hijr Ismail, yaitu sebuah bangunan dengan tinggi kira-kira satu meter yang berbentuk setengah lingkaran di dekat Kabah. Jemaah haji dan umroh biasa melakukan shalat sunah semampunya di situ.Begitu juga ketika melakukan Sai, berupa lari-lari kecil antara Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak tujuh kali, rombongan Wapres dikawal dengan baik oleh petugas keamanan sehingga kegiatan ibadah lebih khusuk.

Setelah melakukan Sai, Kalla melakukan tahalul yaitu mencukur sebagian atau sepenuhnya rambut. Mula-mula Kalla dengan gunting kecil memotong rambut Ibu Mufidah Kalla dan anak-anaknya, kemudian rombongan lain, termasuk wartawan.
Pemimpin Redaksi Detik.com Budiono dan Wakil Pemimpin Redaksi Antara Akhmad Kusaeni termasuk yang dipotong rambutnya oleh Wapres.

Selain melakukan umrah, Kalla juga akan menyaksikan prosesi pencucian Kabah pada hari Kamis (24/1) dan Madinah untuk ziarah ke makam Nabi Muhamad SAW dan para sahabat, selain shalat di Mesjid Nabawi. (*)

Copyright © 2008 ANTARA

Tidak ada komentar: